Tips Menjaga 1000 Hari Kehidupan Pertama Anak

Seorang anak akan memiliki masa masa penting dalam hidupnya, terutama di masa 1000 hari kehidupannya di dunia.

1000 hari pertama kehidupan anak di dunia diukur mulai dari masa ia berada dalam kandungan sampai ia nanti berumur 2 tahun.

Fase 1000 hari ini sangat penting karena di masa tersebut perkembangan dan pembentukan tubuh dan organ organ pada anak akan terjadi dengan sangat cepat.

Lalu, apa saja sih tips untuk menjaga 1000 hari pertama anak mulai dari masa kehamilan sampai masa kelahiran dari bayi.

Tips Menjaga Anak Selama Dalam Kandungan

270 hari pertama anak akan terjadi di masa kandungan 9 bulan. Nantinya anak akan terbentuk dari hasil pembuahan sehingga nantinya akan memiliki bentuk yang kecil kemudian membesar dari perut Ibu hamil.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika anak dalam masa kandungan diantaranya adalah Ibu harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga kaya akan asam polat serta kandungan vitamin lainnya.

Untuk memperoleh informasi kandungan gizi yang dibutuhkan oleh bayi. Ibu disarankan untuk rutin berkonsultasi dan memeriksakan keadaan bayi pada dokter kandungan ataupun bidan yang ada di tempat anda.

Selama dalam masa kandungan Ibu hamil disarankan untuk melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Konsumsi makanan dengan gizi seimbang, untuk informasi gizi anda bisa menanyakannya dan berkonsultasi pada dokter kandungan ataupun bidan yang anda pilih
  • Konsumsi tablet darah
  • Melakukan imunisasi TT atau tetanus sebelum merencanakan kehamilan
  • Persalinan dilakukan di faskes yang memiliki alat lengkap dan steril.

Masa Tahun Pertama dan Kedua

Setelah masa kelahiran anda akan berhadapan dengan 730 hari pertama pada anak. Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dalam masa ini. Diantaranya:

Sama seperti masa kehamilan, Ibu harus memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi Ibu dan juga anak. Usahakan untuk memakan makanan dengan nutrisi yang seimbang. Anda bisa memberikan susu dengan formula tertentu untuk menjaga gizi anak tetap baik.

Selain itu, Ibu atau Ayah juga disarankan untuk melakukan konsultasi rutin pada dokter untuk mengetahui bagaimana penanganan anak di usia tersebut sesuai dengan kondisinya saat itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.