Sunan Kalijaga Bersilaturahmi dengan Mertua Vanessa Angel, Ada Peran Salmafina?

Sunan Kalijaga, pengacara Dody Soedrajat, ayah Vanessa Angel akhirnya bertemu dengan orang tua Bibi Andriansyah. Mereka bertemu atas inisiatif Marissya Icha, sahabat Vanessa yang ingin Sunan juga mendengar dari sisi Faisal dan Dewi Zuhriati, orang tua Bibi tentang masalah yang dipersoalkan Dody.

Pertemuan yang berlangsung adem itu, menurut Sunan Kalijaga, ditujukan sebagai silaturahmi mencari titik temu demi kepentingan Gala, putra semata wayang pasangan yang tewas dalam kecelakaan di Tol Nganjuk, Jawa Timur pada 4 November 2021 itu. Di Instagram Storynya, Senin, 27 Desember 2021, Sunan Kalijaga berharap Faisal dan Dody berdamai. “Kita doakan Pak Dody pun siap berdamai untuk Gala,” tulis Sunan.

Mediasi dan kedatangan Sunan ke rumah Faisal itu menunjukkan perubahan sikapnya yang melunak. Sebelumnya, seperti halnya Dody, ia menggebu-gebu ingin melaporkan Fujianti Utami Putri, adik Bibi ke polisi dengan UU ITE lantaran dianggap menggunakan nama Dody untuk menakuti Gala. Saat ia mengeras, netizen yang kesal dengan sikap Dody pun turut melampiaskan kekesalan kepada Sunan. Tak cukup kepada Sunan, anak dan istrinya pun menjadi sasaran kekesalan netizen.

Hal inilah yang diduga mendorong Salmafina Sunan, anak tertua pengacara itu menuliskan pesan kepada ayahnya. Ia mengunggah percakapan Whatsappnya dengan ayahnya di Instagram Storynya, Ahad, 26 Desember 2021.

Dalam percakapan itu, Salmafina mengatakan kepada Sunan, bahwa ia tak putus mendoakan ayahnya. Ia juga meminta ayahnya untuk terus berdoa agar diberikan petunjuk. “Ayah banyak-banyak berdoa, andalkan. Dia yang maha mengetahui dan menjaga,” tulisnya.

Salmafina meminta agar ayahnya lebih rendah hati. “Rendah hati kepada Tuhan dan orang lain. “Di sini bukan ayah yang belajar tapi aku juga belajar banyak,” tulisnya.

Ia mengakui, setiap manusia punya naluri untuk mengandalkan kekuatan yang dimiliki untuk bertahan dan menang, tapi jika Tuhan sudah berkehendak, segala daya upaya akan mental. “Bisa sih ini itu, tapi kalau Tuhan tidak berkenan,” tulisnya dengan menutup beberapa kata.

Salmafina Sunan juga mengingatkan ayahnya bahwa perasaan manusia bisa berbohong, berubah, dan juga terpengaruh. “Karena itu mengapa kita minta kebijaksanaan Tuhan sebelum mengiyakan untuk memegang perkara,” tulisnya.

Menurut Salmafina, Sunan Kalijaga selalu berapi-api setiap membela seseorang hingga harus menuntaskan masalah itu. Saat dirinya tiba-tiba diceraikan mantan suaminya, Taqy Malik, Sunan Kalijaga benar-benar membela putrinya selaku ayah dan pengacara. “Dan itu sudah sangat bagus, jangan berubah,” tulisnya.

Meski tidak menyatakan pesan ini meluluhkan hatinya, tak lama setelah percakapan ini diunggah Salmafina, Sunan Kalijaga menemui keluarga Bibi Andriansyah. “Pertemuan ini silaturahmi untuk kepentingan Gala, bukan untuk menyelesaikan masalah hukum, bukan menang dan kalah, tapi demi Gala,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.