Liburan Akhir Tahun Naik Mobil atau Motor, Simak Tips Perjalanan Nyaman

Momen liburan akhir tahun tinggal menghitung hari. Meskipun pemerintah menyarankan untuk tidak melakukan perjalanan, namun apabila ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan jika harus melakukan liburan.

Menurut Defensive Training Trainer dari Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan, sebelum melakukan perjalanan liburan akhir tahun menggunkan kendaraan perlu persiapan, baik dari sisi kendaraan maupun persiapan diri.

“Pastikan mesin mobil atau motor dalam kondisi prima, lakukan cek atau servis berkala. Yang paling penting, jangan pernah solo driver. Harus siapkan driver cadangan,” kata Marcell saat dihubungi Tempo beberapa waktu lalu.

Selain kondisi mesin mobil atau motor, Marcell juga menyarankan untuk memeriksa beberapa bagian kendaraan lain, misalnya ban. Pastikan kondisi ban dalam kondisi baik, kembangan ban masih bagus, alur masih dalam, dan tekanan angin tidak kurang atau pun tidak lebih.

Apabila hendak melakukan konvoi saat perjalanan liburan akhir tahun, disarankan mobil atau motor dalam posisi zig-zag. Kemudian diusahakan barisan konvoi tidak terlalu panjang, maksimal 10 mobil atau motor, dengan leader di depan dan co-leader di urutan ke-6.

“Mobil depan lebih mepet di kanan dan mobil belakangnya lebih mepet ke kiri dan seterusnya di dalam satu lajur. Pastikan seluruh peserta konvoi mengetahui rencana perjalanan, seperti jalur yang akan ditempuh, tempat perhentian, dan siapa leadernya,” tutur Marcell memberikan tips liburan akhir tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.