Cara Mengatasi Penyebab Haid Tidak Lancar

Secara umum, siklus haid yang pasti terjadi pada kaum hawa ada dalam rentang waktu kurang lebih 28 hari. Siklus haid sendiri masih dapat dikatakan normal jika terjadi di jarak waktu 24-38 hari.

Jadi, jika waktu menstruasi yang terjadi di vagina anda terjadi lebih cepat atau lebih lama dari 24-38, maka itu mengindikasikan ada sesuatu yang terjadi pada tubuh anda, baik itu yang sifatnya positif seperti misalnya kehamilan ataupun negatif seperti misalnya idapan penyakit tertentu.

Untuk memastikan penyebab haid tidak lancar, cara terbaik yang harus dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter. Dengan seperti itu penyebab nantinya dapat diketahui secara jelas dan ditangani secara lebih lanjut.

Namun, jika anda ingin mengembalikan siklus haid teratur, Beberapa cara dibawah ini mungkin bisa membantu anda.

Penyebab Haid Tidak Lancar

Sebelum masuk ke pembahasan cara mengatasi haid tidak teratur, anda harus mengetahui terlebih dahulu faktor faktor yang biasanya menjadi penyebab haid tidak lancar.

  1. Kehamilan

Tidak datangnya haid sesuai jadwal normal bisa mengindikasikan bahwa anda dalam masa kehamilan. Untuk memastikan itu semua cobalah untuk melakukan tes kehamilan dengan testpack yang banyak tersedia di apotek-apotek sekitar rumah anda.

  1. Menopause

Jika anda sudah dalam usia tua dan haid tidak teratur bisa jadi anda sudah terkena menopause. Menopause sendiri adalah kondisi dimana seorang wanita mengalami penurunan hormon reproduksi.

  1. Menggunakan Alat Kontrasepsi

Di Indonesia, biasanya wanita menggunakan pil KB untuk menunda kehamilan atau menyudahi kehamilan karena alasan tertentu. Penggunaan KB tentu saja akan mengganggu bahkan menghentikan siklus haid normal. Anda yang menggunakan KB dan mengalami haid tidak teratur tidak perlu khawatir karena itu adalah hal yang normal.

Bagaimana Cara Mengatasi Haid Tidak Lancar?

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah haid yang tidak teratur:

  1. Olahraga Yoga

Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa olahraga yoga adalah salah satu olahraga yang efektif dalam hal mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan haid.

Usahakan anda melakukan latihan yoga secara rutin setidaknya 5 hari dalam seminggu dengan masing masing 35-40 menit perharinya.

Yoga memiliki gerakan gerakan tertentu yang dapat membuat rileks otot otot sehingga berefek baik pada aliran darah pada tubuh. Ini tentu saja dapat membuat hormon dalam tubuh seimbang sehingga dapat mengatasi berbagai permasalahan tertentu, termasuk mengatasi nyeri berlebih ketika sedang PMS.

  1. Olahraga Rutin

Olahraga tentu saja adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah dan mengobati haid yang tidak teratur. Dengan olahraga tubuh bisa menjadi lebih sehat dari luar dan dari dalam.

Adapun, olahraga sendiri dapat dilakukan dengan barbagai cara, yang termudah tentu saja adalah berjalan santai ataupun jogging. Selain itu, anda juga bisa melakukan olahraga renang dan juga sepeda.

  1. Konsumsi Nanas

Buah berwarna kuning ini memiliki kandungan bromelain, yakni sebuah enzim yang bisa membuat lunak pada lapisan rahim. Dengan begitu berbagai permasalahan haid yang timbul di lapisan rahim nantinya dapat terobati dengan buah yang satu ini.

Selain dari itu, buah nanas juga memiliki sifat pereda nyeri. Ini dikarenakan nanas mempunyai banyak kandungan protein dalam bentuk molekul-molekul.

Adapun, buah nanas juga memiliki rasa yang manis, asam dan segar. Buah ini cocok juga untuk menjadi cemilan sehat dan menyegarkan.

  1. Menambah Asupan Vitamin

Kekurangan zat tertentu dalam tubuh bisa juga menjadi penyebab tidak teraturnya siklus haid dari seorang wanita. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah menstruasi anda dianjurkan untuk memperbanyak makanan yang mengandung Vitamin D.

Adapun, makanan yang banyak memiliki kandungan vitamin D diantaranya adalah susu, telur dan juga minyak ikan. Anda bisa mengkonsumsinya secara rutin atau teratur.

Selain vitamin D, untuk mengatasi masalah haid juga anda harus memperbanyak asupan vitamin B. Jenis vitamin ini banyak terkandung di makanan seperti misalnya jagung jagungan.

  1. Menjaga Berat Badan

Berat badan yang terlalu berat atau obesitas diketahui dapat juga membuat siklus haid menjadi terganggu. Ini disebabkan berat badan berlebih dapat mengganggu hormon tertentu dalam tubuh.

Untuk itu, jagalah tubuh anda dan milikilah tubuh yang ideal. Hindari makan makanan manis dan berminyak karena makanan yang banyak mengandung minyak dan gula dapat menyebabkan percepatan kenaikan berat pada tubuh.

Adapun, untuk mengetahui berat ideal tubuh, anda bisa menggunakan aplikasi tertentu yang banyak tersedia di internet. Selain itu, anda juga bisa berkonsultasi pada dokter untuk mengatahui berapa berat badan ideal anda.

So, itulah tadi artikel tentang mengatasi haid yang datang tidak teratur. Jika anda mengalami keluhan tertentu pada saat menstruasi hubungi dokter untuk penanganan yang lebih profesional.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.