Bukan Laptop Sembarang Laptop, Laptop Gaming Punya Spesifikasi Khusus

Laptop diciptakan bagi mereka dengan mobilitas tinggi. Ukurannya yang lebih ringkas dibandingkan dengan PC membuat banyak orang lebih memilih laptop untuk aktivitas harian. Apalagi, sekarang banyak laptop yang dibekali dengan spesifikasi gahar dan menyandang gelar laptop gaming.

Dilansir dari laman intel.co.id, terdapat beberapa perbedaan yang signifikan antara laptop biasa dengan laptop gaming. Perbedaan ini dapat dilihat dari layar, CPU dan GPU, Memori dan penyimpanan, desain, hingga port dan input yang ada di laptop gaming.

Layar laptop gaming biasanya memiliki resolusi yang tinggi sehingga piksel yang mampu dimunculkan akan lebih banyak. Dengan resolusi dan piksel yang tinggi antara 1440p hingga 4K, maka pengalaman bermain game secara visual akan memanjakan penggunanya.

Kecepatan refresh juga diperhatikan pada laptop gaming sehingga pergerakan gambar akan lebih halus. Laptop gaming biasanya memiliki kecepatan refresh 120 hingga 133 Hz, bahkan lebih tinggi. Pengalaman visual laptop gaming dilengkapi dengan ukuran layar yang lebih besar dari pada laptop biasa, mulai dari 13, 15, hingga 17 inci.

CPU juga memegang peran penting dalam laptop gaming. Mulai dari kecepatan clock, jumlah inti, hingga opsi CPU harus benar-benar mumpuni agar dapat menjalankan game dengan lancar. Selain CPU, dapur pacu utama laptop gaming adalah GPU atau Unit Pemrosesan Grafis yang berfungsi menghasilkan piksel gambar di layar. GPU yang baik setidaknya memiliki kecepatan frame dan resolusi, kecepatan refresh layar yang konsisten, hingga fitur pelacakan cahaya.

Selesai dengan urusan dapur pacu, laptop gaming juga perlu dibekali dengan kapasitas penyimpanan dan RAM besar yang mampu membaca data dengan cepat. Biasanya laptop gaming sudah meninggalkan media penyimpanan hardisk karena kecepatan data yang lambat dan beralih ke media penyimpanan SSD yang lebih cepat dalam membaca data. Sedangkan RAM dalam laptop gaming umumnya sudah menggunakan RAM berkapasitas hingga 32 GB atau menyesuaikan dengan gim-gim yang ingin dimainkan.

Yang terakhir adalah urusan desain. Pada bagian ini, umumnya laptop gaming memiliki desain dengan bodi yang lebih besar dibanding laptop biasa. Hal ini adalah suatu kewajaran mengingat laptop gaming memiliki perangkat keras yang lebih banyak dan besar dibandingkan laptop biasa sehingga memerlukan ruang yang lebih besar pula.

NAUFAL RIDHWAN ALY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.